Tips Mencuci Jaket Gunung tanpa Merusak Kualitasnya

Teptek – Jaket gunung menjadi salah satu jenis benda yang wajib untuk dimiliki oleh pecinta gunung. Beraktivitas di gunung tentu akan terasa tidak nyaman kalau anda tidak memakai baju dan peralatan yang lengkap. Salah satu yang akan sangat anda butuhkan ketika beraktivitas di gunung adalah jaket yang didesain khusus untuk kegiatan outdoor termasuk mendaki gunung.

Naik gunung merupakan salah satu jenis aktivitas outdoor yang cukup menantang. Namun walaupun menantang, aktivitas yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Dengan naik gunung, anda bisa melihat keindahan alam yang tak bisa anda dapatkan di tempat lain. Selain itu, anda juga bisa merasakan kedekatan bersama teman-teman anda yang juga naik gunung.

Setelah menyelesaikan perjalanan naik gunung, ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan, salah satunya adalah mencuci jaket yang anda gunakan. Perlu diketahui bahwa jaket outdoor berbeda jenisnya dengan jaket lain yang biasa digunakan sehari-hari. Jaket outdoor terbuat dari bahan khusus dan tentu saja cara pencuciannya juga berbeda.

jaket gunung

Mencuci Jaket Outdoor

Supaya tidak merusak kualitas dari jaket itu sendiri, maka anda harus mencuci jaket dengan cara yang benar. Banyak orang yang memiliki jaket outdoor tapi malah merusak kualitas jaket tersebut setelah pencucian pertama. Warna jaket menjadi pudar dan tekstur bahan menjadi tidak berkualitas karena cara pencucian yang salah.

Supaya tidak terjadi kerusakan pada jaket gunung yang anda miliki, berikut adalah beberapa tips pencucian yang bisa anda lakukan :

1. Baca Dulu Labelnya

Sebelum mencuci jaket, sebaiknya anda baca dulu label yang ada pada jaket. Biasanya, pada label jaket sudah tertera bagaimana cara mencuci yang dianjurkan. Demi menjaga kualitas jaket, akan jauh lebih baik jika anda mencuci jaket mengikuti prosedur yang dianjurkan. Petunjuk pencucian yang ada di label sudah disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan.

2. Pastikan Saku Jaket Kosong

Periksa kembali jaket sebelum dicuci. Pastikan semua saku jaket anda sudah benar-benar kosong. Jangan sampai anda benda-benda penting yang tersimpan di saku jaket. Apalagi kalau sampai ada benda tajam di dalam saku. Selain bisa membahayakan diri anda ketika mencuci juga bisa menimbulkan gesekan pada jaket dan merusak jaket.

3. Tidak Pakai Deterjen

Sebaiknya anda mencuci jaket dengan menggunakan air bersih. Ya, cukup air bersih tidak perlu menggunakan deterjen. Deterjen seringkali malah merusak bahan jaket apalagi kalau anda memakai bahan deterjen yang cukup kuat atau mengandung bahan kimia yang sangat kuat. Air saja sudah cukup untuk membersihkan jaket atau anda bisa juga memakai sabun mandi.

4. Kendurkan Tali Elastis

Biasanya ada beberapa bagian jaket yang diberi tali elastis. Sebelum mencuci jaket, silakan tali elastis yang ada di sana dikendurkan dulu. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya lipatan-lipatan pada jaket ketika dicuci. Tapi, hati-hati ketika mengendurkan tali elastis jangan sampai malah merusaknya.

5. Jangan Diperas

Sebaiknya anda menghindari memeras jaket setelah selesai dicuci. Memeras jaket justru akan bisa membuat bahan jaket menjadi terlihat semakin buruk karena menjadi banyak kerutan-kerutan pada jaket. Daripada memeras, lebih baik anda tekan-tekan ringan bagian jaket sampai banyak air yang keluar dari jaket.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anda bisa mencuci jaket tanpa merusak kualitas dari jaket itu sendiri. Pastikan anda benar-benar melakukan pencucian dengan prosedur yang benar demi ketahanan dan kualitas jaket gunung yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *