stnk hilang
Informasi Tips dan Trik

STNK Hilang, Jangan Panik Begini Cara Mengurusnya

June 3, 2019

Teptek – STNK Hilang pastinya akan membuat orang gelisah dan pusing tujuh keliling, pasalnya surat ini merupakan bawaan wajib bagi pengendara selain SIM. Seperti namanya STNK adalah akronim dari Surat Tanda Nomor Kendaraan, artinya STNK adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas kepemilikan. STNK berisi identitas kepemilikan (nomor polisi, nama dan alamat pemilik) dan identitas kendaraan bermotor (merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, dll.). Jadi, STNK merupakan tanda kepemilikan yang sah atas sebuah kendaraan bermotor.

Itulah kenapa STNK sangat penting untuk dibawa, karena tanpa surat ini, kalian tidak akan bisa menunjukkan bukti bahwa kendaraan yang dipakai milik sendiri, dan kemungkinan ditilang menjadi lebih besar.

Lalu bagaimana bila ternyata STNK Hilang, bagaimana cara mengurusnya?.

Cara pengurusan STNK Hilang ini sebenarnya sangat mudah, namun memang kalian harus meluangkan waktu untuk mengurusnya karena ada banyak tempat yang harus didatangai. Untuk lebih jelasnya berikut kami berikan tata cara pengurusan kehilangan STNK dibawah ini:

stnk hilang

1. Buat laporan kehilangan

Jika kalian sudah yakin bahwa STNK hilang, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan melaor ke ketua RT untuk dibuatkan surat pengantar, setelah itu surat pengantar dibawa langsung ke polsek terdekat tempat kehilangan. Di sana, Anda akan dibuatkan surat keterangan kehilangan, yang nantinya harus Anda bawa untuk proses pembuatan STNK baru menggantikan STNK yang hilang.

2. Lengkapi berkas

Untuk mendapatkan STNK pengganti, ada beberapa berkas yang harus disiapkan seperti :

  • KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi)
  • Fotokopi STNK yang hilang
  • Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau Polres setempat)
  • BPKB (asli dan fotokopi)

3. Menuju kantor samsat

Setelah surat keterangan kehilangan dari polsek dan berkas penunjang penggantian STNK yang hilang sudah siap. Langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor samsat untuk mendapatkan STNK pengganti, di kantor samsat sebelum diterbitkan STNK pengganti maka ada beberapa langkah lagi yang dilakukan, seperti:

  • Cek fisik kendaraan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan di Kantor SAMSAT adalah cek fisik kendaraan Anda sekaligus gesek nomor rangka dan mesin. Setelah selesai, hasil cek fisik tersebut agar difotokopi.

  • Mengisi formulir

Pastikan Anda mengisi formulir dengan lengkap dan benar, untuk kemudian diserahkan ke Loket STNK hilang. Jangan lupa sertakan berkas kelengkapan administrasi yang sudah Anda siapkan.

  • Mengurus cek blokir (surat keterangan hilang dari SAMSAT)

Yang dimaksud dengan mengurus cek blokir adalah mengurus surat keterangan STNK hilang dari SAMSAT, yang berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak dalam kondisi diblokir atau dalam pencarian. Untuk ini, Anda harus melampirkan hasil cek fisik kendaraan.

  • Mengurus pembuatan STNK baru di Loket BBN II

Untuk mengurus pembuatan STNK baru sebagai pengganti STNK lama yang hilang, Anda harus menyerahkan semua berkas kelengkapan dan surat keterangan hilang dari SAMSAT di Loket BBN (Bea Balik Nama) II.

  • Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Ini dilakukan jika Anda belum membayar pajak tahunan untuk kendaraan bermotor Anda. Jika Anda sudah membayar biaya pajak ini, maka bebas biaya pajak.

  • Bayar biaya penertiban STNK baru

Biaya untuk penerbitan STNK yang tertera dalam Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak Polri berdasarkan PP No. 50 tahun 2010 adalah sebagai berikut:

o Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum        Rp50.000
o Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih             Rp75.000
o Pengesahan STNK Rp0

4. Ambil STNK dan SKPD

Setelah semua tahapan dilalui tinggal serahkan bukti pembayaran dikasir, lalu tunggu panggilan untuk mengambil STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) yang sudah jadi.
Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengurus STNK yang hilang, cukup mudahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *