harga ram laptop
Bisnis Informasi Teknologi

Selain Harga RAM Laptop, Pertimbangkan Tipenya Sebelum Updgrade

April 29, 2019

Teptek – Ketika Anda mau melakukan upgrade RAM laptop, selain mempertimbangkan berapa harga RAM laptop yang harus Anda keluarkan, baiknya Anda juga mempertimbangkan tipe yang cocok dengan laptop Anda. Anda harus tahu, sebenarnya RAM laptop memiliki beberapa tipe yang disesuaikan dengan berbagai hal. Apa saja sih tipenya?

harga ram laptop

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Jenis RAM yang pertama adalah DRAM. Jenis Ram yang satu ini merupakan memori semi konduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. Jenis RAM yang satu ini bisa dibilang memiliki kecepatan yang menengah bila dibandingkan dengan jenis RAM yang lain.

Selain itu, DRAM juga menggunakan satu transistor dan satu kapasitor per bit dalam strukturnya. Frekuensi kerja yang dimiliki RAM jenis ini cukup bervariasi, antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz yang tergantung dari kepadatan RAM itu sendiri.

2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

Jenis yang kedua adalah SDRAM yang memiliki kecepatan cukup tinggi bila dibandingkan jenis RAM yang lain. RAM ini memiliki kecepatan hingga 133 Mhz. Ciri-ciri dari RAM ini adalah terletak di dua celah di bagian kakinya. Ada 168 pin saluran di sana yang digunakan untuk transfer data.

RAM yang satu ini sangat banyak digunakan pada tahun 1996 hingga pada tahun 2003 lalu. Saat ini, sebenarnya RAM jenis ini sudah jarang sekali digunakan. RAM jenis ini memiliki letak pada slot DIMM/SDRAM di motherboard. Ia juga mampu menampung memori yang cukup besar, hingga 1 GB.

3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RAM jenis lainnya yang biasa digunakan adalah RDRAM atau rambus dynamic random access memory. Jenis yang satu ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1995. RAM ini memiliki kecepatan hingga 600 Mbytes/sec. Pada tahun 1997, RDRAM ini meningkat menjadi 700 MBps dan tahun berikutnya kembali meningkat hingga 1,6 GBps.

Pada awalnya, RAM jenis ini digunakan untuk prosesor pentium 4 dan memang dikhususkan untuk keperluan gaming. Untuk harga RAM laptop yang satu ini sebenarnya cukup terjangkau namun sudah jarang digunakan. Untuk slot memori, RAM yang satu ini memiliki 184 buah pin.

4. SRAM (Static Random Access Memory)

Selanjutnya adalah SRAM. Jenis yang satu ini dibuat dari bahan semi konduktor yang tak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala juga. Oleh sebab itulah, kecepatan dari SRAM ini cukup cepat karena tak ada kapasitor yang diperlukan. SRAM ini memiliki desain cluster enam transistor yang menyimpan setiap bit informasi.

Hanya saja, RAM yang satu ini memiliki kekurangan harganya yang sangat mahal. Padahal, RAM ini kapasitasnya cukup kecil dan biasanya hanya mampu mengimbangi prosesor dengan kecepatan 500 MHz saja.

5. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

Ada juga jenis EDORAM. Jenis yang satu ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibanding jenis lain. Slot memorinya memiliki 72 pin dan bentuknya memanjang seperti RAM SIMM. RAM jenis ini sangat cocok digunakan untuk komputer dengan capaian kecepatan 66 Mhz.

Meski jenisnya berbeda, semua bisa Anda temukan di Jakmall. Di Jakmall, harga RAM laptop tersebut dibanderol cukup terjangkau. Anda bisa mendapatkannya mulai harga sekitar 200 ribuan saja atau sekitar Rp219.000,- per buah. Untuk yang lebih baik, tentu saja harganya lebih mahal. Jadi, berapa harga yang harus dikeluarkan tentu bergantung pada pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *