kitchen set
Furniture Informasi Lifestyle Properti

Mengenal Bagian-Bagian Kitchen Set Beserta Fungsinya

September 21, 2019

Teptek – Mengenal kitchen set tidak hanya mengenal tentang bentuk dan desain tampilannya. Anda juga perlu mengenal bagian-bagiannya untuk memastikan semua bagiannya berfungsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Orang yang memiliki perabotan dapur yang banyak kebutuhan set dapurnya akan berbeda dengan orang yang peralatan dapurnya hanya sedikit. Begitu juga dengan intensitas penggunaan dapur setiap harinya.

Setidaknya ada lima bagian set dapur yang perlu Anda tahu. Berikut ini adalah uraian mengenai bagian-bagian kitchen set lengkap dengan fungsi setiap bagiannya.

kitchen set

1. Kabinet

Bagian yang pertama adalah bagian kabinet. Kabinet ini adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan peralatan dapur. Biasanya, set dapur memiliki dua kabinet, yaitu kabinet bagian atas dan kabinet bagian bawah. Kabinet bagian atas seringkali digunakan untuk menyimpan peralatan dapur yang lebih kecil ukurannya. Sedangkan kabinet bagian bawah untuk menyimpan peralatan dapur yang ukurannya lebih besar.

Yang kita tahu, kabinet set dapur ini memiliki bentuk yang tertutup. Selain untuk menjaga perabotan dapur dari debu dan kotor, kabinet yang tertutup ini juga berfungsi membuat dapur Anda terlihat lebih rapi. Selain jenis yang tertutup, ada juga kabinet yang didesain terbuka. kabinet dengan desain terbuka ini memungkinkan Anda meletakkan perabotan dengan mudah tanpa perlu membuka atau menutup pintu kabinet.

Ketika Anda memilih set dapur, Anda bisa menentukan sendiri jumlah kabinet yang Anda butuhkan. Semakin banyak perabotan dapur yang Anda miliki, semakin banyak pula jumlah kabinet yang Anda butuhkan.

2. Table top

Bagian selanjutnya ada table top atau dikenal juga sebagai meja kerja. Bagian ini berfungsi sebagai tempat menyiapkan bahan makanan sebelum dimasak. Meskipun hanya digunakan untuk area persiapan memasak, table top harus terbuat dari material yang kuat serta tahan panas, air, minyak, dan api. Yang juga tidak kalah penting, materialnya mudah dibersihkan. Salah satu material yang banyak digunakan untuk bagian ini adalah marmer.

3. Kitchen Sink

Kitchen sink merupakan bagian set dapur yang digunakan untuk area mencuci, mulai dari mencuci bahan makanan hingga mencuci peralatan dapur yang kotor. Ada banyak pilihan model kitchen sink dengan berbagai pilihan material. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Kompor

Kitchen set tidak akan lengkap tanpa adanya kompor. Ada berbagai bentuk kompor yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari kompor tanam, kompor portable, hingga kompor berdiri. Anda juga perlu memilih jenis kompor sesuai dengan bahan bakarnya, ada kompor listrik, kompor gas, ada juga kompor induksi.

5. Cooker hood

Bagian selanjutnya dikenal dengan nama cooker hood. Fungsinya sebagai penghisap kepulan asap dan aroma masakan sehingga dapur dan rumah Anda tidak akan dikepung oleh asap dan aroma makanan selama kegiatan masak berlangsung. Cooker hood ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk dapur-dapur yang memiliki ventilasi minim.

Untuk semakin melengkapi kitchen set di rumah Anda, Anda bisa menambahkannya dengan kulkas dan microwave. Tempatkan kulkas yang Anda miliki bersebelahan dengan set dapur sehingga memudahkan Anda ketika menyimpan dan mencari bahan makanan. Untuk microwave, Anda bisa meminta space khusus di set dapur yang Anda pilih sebagai tempat meletakkan microwave Anda.

Nah, itulah beberapa bagian kitchen set beserta dengan fungsinya yang perlu Anda tahu. Anda bisa menyesuaikan bagian-bagian set dapur ini beserta lokasi bagiannya sesuai dengan desain yang Anda pilih dan juga sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan penempatan bagian set dapur ini membuat Anda leluasa selama bekerja di dapur. Jika Anda masih bingung atau masih belum yakin, Anda bisa menanyakannya kepada jasa pembuatan kitchen set yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *