cicilan kredit mobil bekas bandung
Informasi Otomotif

Mengapa Tangki Bensin Mobil Tidak Boleh Kosong? Ini Dia 4 Alasannya!

November 23, 2021

Teptek – Sudah lama ingin beli mobil untuk aktivitas sehari-hari Anda di Bandung, tapi dana masih juga belum mencukupi? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa beli manfaatkan solusi cicilan kredit mobil bekas Bandung, yang pasti cocok buat Anda dengan budget terbatas.

Begitu Anda punya mobil nanti, pastikan Anda rawat dan perlakukan kendaraan Anda dengan baik, ya! Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa tangki bensin alias bahan bakar tidak pernah kosong, bahkan meskipun ketika Anda sedang sering-seringnya bekerja dari rumah agar tidak mengalami beberapa masalah berikut:.

cicilan kredit mobil bekas bandung

1. Tangki lebih cepat kotor dan berkarat

Ketika ada lebih banyak ruang kosong di dalam tangki bensin, ada lebih banyak pula ruang yang dihuni titik-titik air. Kemunculan titik-titik air tersebut disebabkan penguapan bahan bakar yang terjadi di dalam tangki, dan bisa mengikat kotoran dari bensin. Ketika titik-titik air tersebut muncul dan mengikat kotoran, tentu tangki bensin mobil Anda juga jadi lebih mudah kotor.

2. Tangki lebih gampang berkarat

Kotoran tersebut juga bisa menyumbat filter bahan bakar yang bisa menimbulkan masalah baru. Di samping itu, titik-titik air tersebut juga akan memicu timbulnya karat, mengingat bahwa tangki bensin terbuat dari logam. Dan risiko ini jauh lebih besar terjadi pada tangki bahan bakar yang masih terbuat dari besi.

3. Kinerja pompa bensin tidak optimal

Sumbatan pada filter bensin yang disebabkan oleh kotornya tangki bahan bakar tentu akan berimbas pada performa pompa bahan bakar. Ketika pompa bahan bakar harusnya dapat mendistribusikan bensin secara merata, fungsinya jadi menurun dan penggunaan bahan bakar jadi lebih boros. Apalagi jika ada kotoran yang sampai masuk ke dalam pompa bahan bakar, yang bisa memicu kerusakan yang lebih parah.

4. Pompa bensin cepat rusak.

Ketika tangki bensin nyaris atau malah kosong terus-terusan, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pompa bensin dalam jangka panjang. Apalagi, kerusakan pompa bensin bisa “menular” ke berbagai bagian lain pada mesin, seperti injektor dan karburator. Dampaknya, performa mesin menurun dan bahkan mesin bisa rusak. Kalau begini, biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan jelas tidak sedikit, kan? Apalagi kalau Anda sampai harus ganti pompa bensin atau bahkan ganti mesin.

Apabila selama ini Anda punya kebiasaan membiarkan isi tangki bensin minim atau malah kosong, yuk segera hentikan kebiasaan tersebut demi kebaikan kendaraan dan Anda sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *