tepung segitiga biru
Informasi Kuliner

Kenapa Harus Mengayak Tepung Segitiga Biru Sebelum Digunakan?

October 7, 2020

Teptek – Tepung terigu menjadi salah satu bahan yang sangat sering digunakan masyarakat untuk membuat aneka olahan makanan yang menarik dan lezat. Nah, di pasaran, ada cukup banyak jenis tepung terigu yang tersedia. Namun, untuk mendapatkan hasil olahan makanan yang maksimal, maka tepung segitiga biru adalah rekomendasi yang sebaiknya dipilih.

tepung segitiga biru

Kenapa memilih tepung segitiga biru?

Tentu ada beberapa alasan pemilihannya. Selain ada jaminan kualitas dari brand yang sudah terkenal, tepung terigu ini juga dibuat dengan bahan dasar gandum yang berkualitas. Dengan bahan yang berkualitas, maka akan didapatkan tepung terigu yang berkualitas pula sehingga makanan yang dihasilkan akan cenderung lebih nikmat.

Nah, hal yang cukup penting namun sering diabaikan oleh masyarakat adalah saran untuk mengayak tepung terigu sebelum digunakan. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang kenapa tepung terigu sebaiknya diayak sebelum dipakai. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Alasan Kenapa Mengayak Tepung Terigu Penting

Sebagaimana disinggung di awal, mengayak tepung terigu sebelum digunakan sebenarnya adalah hal yang cukup mudah dan juga penting. Hanya saja, cukup sering masyarakat yang mengabaikan hal ini dan menganggapnya tidak terlalu berefek pada olahan makanan yang akan mereka buat.

Padahal, ada beberapa alasan kenapa mengayak tepung segitiga biru cukup disarankan. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Adanya sifat hydroscopes

Perlu diketahui bahwa tepung terigu memiliki sifat yang cenderung mudah menyerap uap air dari udara. Oleh karenanya, ketika terlalu lama disimpan, maka tepung terigu akan menggumpal, terlebih jika penyimpanan dilakukan dengan kurang tepat seperti menggunakan wadah yang terbuka.

Nah, mengayak adalah salah satu cara untuk mengatasi gumpalan-gumpalan kecil tepung terigu yang muncul. Dengan diayak, maka tepung terigu akan kembali ke bentuk asalnya.

2. Menghindari tepung terigu yang berbutir

Tepung terigu yang berbutir bisa menjadi masalah saat membuat olahan makanan. Jika butiran-butiran tepung terigu tadi tidak bisa diuraikan dengan baik saat proses memasak, bisa jadi tepung tetap tidak akan matang setelah proses pembuatan makanan selesai. Tentu, hal ini akan merugikan karena membuat rasa makanan menjadi tidak maksimal.

Apakah Anda pernah membeli gorengan dan menemukan tepung terigu yang tidak matang di dalam adonan? Nah, risiko yang terjadi jika tidak diayak adalah seperti itu.

3. Lebih mudah diproses

Hal lain yang menjadi alasan kenapa mengayak tepung terigu merupakan hal yang cukup penting adalah agar tepung cenderung lebih mudah diproses. Sebagaimana disinggung di awal, jika diayak, maka butiran tepung akan hilang dan tepung akan cenderung lebih mudah bercampur dengan bahan lain yang digunakan.

Tidak hanya itu, tepung yang diayak akan membantu Anda untuk mendapatkan makanan yang lebih sempurna. Misalnya saja, ketika Anda membuat kue, maka kue yang dihasilkan akan cenderung lebih ringan dan lebih mengembang.

Nah, beberapa poin di atas adalah alasan kenapa mengayak tepung terigu sebaiknya dilakukan. Dalam hal ini, Anda bisa saja menggunakan aneka ayakan yang tersedia di pasaran. Hanya saja, pilih ayakan yang kuat untuk menampung tepung terigu dengan lubang ayakan yang juga tidak terlalu besar.

Selain itu, Anda juga perlu memilih produk tepung terigu berkualitas untuk membuat makanan yang lebih nikmat. Tentu, tepung segitiga biru adalah opsi yang tepat untuk Anda pilih. Jika Anda tertarik untuk membuat olahan makanan dari tepung, seperti aneka kue, maka Anda bisa mendapatkan tepung segitiga biru dengan mudah di Blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *