Hindari 7 Hal Ini Ketika Memberikan MPASI pada Anak

Teptek – MPASI adalah salah satu bagian penting bagi setiap orang tua agar anaknya bisa tumbuh secara sempurna. Soalnya proses yang satu ini dibutuhkan untuk membuat si kecil terbiasa untuk mengonsumsi makanan yang padat. Hal ini juga mampu membentuk sekaligus melatih gigi dari si kecil. Hanya saja sebaiknya Anda menghindari 7 hal ini supaya proses bisa berjalan lancar.

MPASI

1. Memilih Makanan yang Sulit Dikunyah

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan oleh banyak orang tua adalah memberikan berbagai jenis makanan pada si kecil yang sedang menjalani proses ini. Padahal tidak semua jenis makanan bisa diberikan si kecil terutama makanan yang sulit dikunyah. Sebut saja mulai dari kacang-kacangan, nasi yang terlalu keras hingga buah yang tidak dipotong terlebih dulu.

2. Memberikan Madu pada Si Kecil

Tidak bisa dipungkiri bahwa madu memang memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Meski begitu bukan berarti pemberian madu ini bisa diberikan pada anak kecil yang sedang menjalani proses ini. Terutama untuk anak kecil yang usianya masih di bawah 1 tahun sebaiknya dihindari. Soalnya pemberian madu ini akan menyebabkan botulisme pada mereka.

3. Memberikan Makanan yang Memiliki Kandungan Nitrat Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak semua jenis makanan bisa diberikan pada bayi. Termasuk makanan yang memiliki kandungan nitrat tinggi yang memiliki risiko menyebabkan si kecil kekurangan darah merah. Sedangkan jenis makanan yang memiliki kandungan nitrat itu sendiri mulai dari bayam hingga lobak hijau yang sebaiknya dihindari.

4. Menambahkan Penyedap Rasa pada Makanan

Salah satu kekhawatiran setiap orang tua ketika memberikan MPASI pada si kecil adalah si kecil enggan untuk memakannya. Kekhawatiran tersebutlah yang kemudian membuat orang tua memutuskan untuk menambahkan penyedap rasa pada makanan si kecil. Biasanya hal ini dilakukan untuk membuat si kecil menjadi lebih lahap untuk makan.

Namun tentunya pemberian penyedap rasa pada makanan si kecil sangatlah tidak dianjurkan. Seperti yang diketahui penyedap rasa ini memiliki berbagai kandungan yang cukup berbahaya dan tidak baik untuk kesehatan. Apalagi untuk si kecil yang usianya masih di bawah satu tahun yang belum memiliki daya tahan yang baik pastinya akan menimbulkan masalah kesehatan.

5. Memberikan Jenis Makanan Kemasan

Seringkali banyak orang tua yang enggan untuk direpotkan dalam menyiapkan makanan untuk si kecil dalam menjalani proses ini. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat para orang tua lebih memilih menggunakan jenis makanan kemasan. Bukan tanpa alasan karena jenis makanan kemasan ini memiliki kandungan sodium tinggi yang bisa membahayakan kesehatan si kecil.

6. Memberikan Buah yang Terlalu Asam

Memang benar, pada proses yang satu ini maka pemberian buah adalah hal yang penting diberikan pada si kecil. Namun hal tersebut bukan berarti setiap jenis buah bisa berikan begitu saja pada si kecil. Sangat disarankan utnuk tidak memberikan buah yang terlalu asam pada si kecil. Soalnya buah yang terlalu asam ini bisa mengganggu pencernaan mereka.

7. Memberikan Putih Telur

Dengan kandungan manfaat yang tinggi membuat banyak orang tua seringkali ingin memberikan putih telur pada menu si kecil. Hanya saja sebaiknya Anda jangan memberikan putih telur pada anak yang belum genap berusia 1 tahun. Soalnya pemberian putih telur pada anak yang berusia di bawah 1 tahun ditakutkan akan menyebabkan alergi pada mereka.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang hal yang mesti dihindari ketika memberikan MPASI pada si kecil. Hal ini terbilang penting dan mesti dilakukan supaya proses ini bisa berjalan lancar tanpa adanya efek samping bagi si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *