elementary school
Informasi Pendidikan

Durasi Siswa Efektif Belajar di Rumah

August 21, 2021

Teptek – Sekolah dasar (SD) atau elementary school merupakan jenjang penting yang akan menjadi fondasi pendidikan siswa. Maka dari itu, sebagai orang tua, sudah sewajarnya mendampingi anak saat belajar di rumah. Sebab, orang tua memiliki peran bagi siswa untuk menjadi pendorong atau motivator.

Durasi anak belajar di luar jam sekolah ternyata ada batas wajarnya. Durasi belajar harus disesuaikan agar semua yang dipelajari efektif, sehingga siswa tidak terbebani di luar batas kemampuan mereka. Belajar bisa dilakukan dengan pendampingan orang tua saat jam santai atau sesaat sebelum tidur.

elementary school

Jangan Memaksa Belajar Terlalu Lama

Di sekolah, siswa sudah dihadapkan banyak tugas dari guru mata pelajaran yang berbeda-beda. Maka dari itu saat sudah di rumah, jangan sampai siswa terbebani dengan harus belajar keras. Mengutip dari kompas.com, durasi belajar anak di luar jam sekolah harus sesuai dengan usia dan kemampuan mereka.

Agar efektif, siswa usia 2 tahun hanya dianjurkan belajar selama 4-6 menit per hari. Sementara untuk anak usia 4 – 5 tahun, hanya disarankan belajar selama 8-12 menit. Selanjutnya usia 6 tahun atau saat akan memasuki sekolah dasar (SD), durasi belajar mulai meningkat menjadi 12-18 menit.

Saat SD, jam belajar siswa juga disesuaikan, masih melansir sumber berita yang sama, usia 8 tahun efektif apabila belajar 16-24 menit. Selanjutnya usia 10 tahun normalnya belajar selama 20-30 menit. Saat akan memasuki SMP atau usia 12 tahun belajar lebih baik hanya 24-36 menit.

Berbeda saat usia SMP atau usia 14 tahun, durasi belajar di luar jam sekolah akan efektif apabila dikerjakan selama 28-42 menit. Selanjutnya saat SMA atau usia 16-18 tahun, durasi belajar 32-48 menit. Durasi tersebut adalah yang paling tepat untuk menakar efektivitas belajar siswa setiap hari.

Dampak Belajar Terlalu Lama

Belajar dalam durasi singkat akan membuat siswa semangat dan fokus, sehingga apa yang dia baca atau pelajari akan mudah diingat. Jika belajar terlalu lama, siswa akan mudah bosan. Konsekuensinya, semua yang dipelajari sulit dimengerti, sehingga tidak akan efektif untuk dilakukan siswa dalam waktu lama.

Dampak siswa belajar terlalu lama di rumah selanjutnya adalah dapat membuat  stres atau depresi. Apalagi saat dia tahu yang sedang dia pelajari adalah pelajaran yang tidak dia sukai. Maka dari itu, butuh rasa enjoy dan menikmati setiap mata pelajaran dengan belajar memahami dengan waktu yang singkat.

Belajar singkat bisa dimulai dengan membimbing buah hati untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Setelah selesai, anak bisa diminta untuk mengulas atau melakukan review pelajaran yang sudah diajarkan selama satu hari ini. Jika masih ada waktu, bisa ditambah sedikit belajar tentang mata pelajaran yang akan diajarkan besok.

Dengan cara-cara demikian, diharapkan siswa bisa berkembang dengan metode pembelajaran yang menyenangkan tersebut. Tentu, waktu yang singkat tersebut harus dimaksimalkan untuk belajar yang fokus dan semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *