teptek-cara menghitung kehamilan

Cara Menghitung Kehamilan untuk Pantau Perkembangan Janin

Teptek – Usia kehamilan sangat penting diketahui demi menjaga tumbuh kembang janin agar selalu terpantau. Kini, sangat mudah untuk menghitung usia kehamilan karena sudah tersedia banyak cara menghitung kehamilan secara akurat. Inilah beberapa metode yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan, baik secara manual, maupun berdasarkan bantuan alat.

teptek-cara menghitung kehamilan

1. Menggunakan Kalkulator Kehamilan Online

Pada era modern ini, menghitung usia kehamilan sudah mudah dilakukan dengan bantuan berbagai media berbasis teknologi. Metode penghitungan usia kehamilan bisa menggunakan kalkulator kehamilan online yang praktis pemakaiannya. Anda dapat menggunakan media canggih ini untuk menghitung usia kehamilan dengan tingkat keakuratan tinggi. Media ini tidak berbayar tentunya.

Anda bisa mendapatkan aplikasi kalkulator kehamilan ataupun mengakses situs resminya. Dalam pemakaiannya, Anda cukup memasukkan dua jenis data untuk memperoleh perkiraan usia kehamilan. Data tersebut meliputi data periode menstruasi serta data HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).

Setelah mengisi semua data tersebut, kalkulator akan mulai menghitung dan memberikan hasil perhitungan berupa prediksi usia kehamilan. prediksi hari kelahiran buah hati juga diberikan. Jadi, Anda bisa memperoleh dua informasi sekaligus ketika memhitung usia kehamilan dengan kalkulator canggih ini.

2. Metode USG

Metode penghitungan usia kehamilan dapat dilakukan secara praktis dengan alat tercanggih yang akurat pastinya. Alat canggih tersebut adalah alat USG yang mampu mendeteksi usia kehamilan hingga kondisi janin di dalam kandungan secara akurat. Pemeriksaan kehamilan menggunakan gelombang ultrasonografi ini juga mampu menampilkan kondisi janin di monitor komputer.

Pemeriksaan dengan peralatan medis tersebut sebaiknya dilakukan oleh dokter kandungan yang terpercaya agar lebih aman. Tindakan ini mampu memberikan hasil pemeriksaan yang akurat dan aman. Umumnya, pemeriksaan ini menggunakan dua cara, di antaranya USG transabdominal dan USG transvaginal. Pemakaiannya hanya salah satu dan tetap disesuaikan dengan kondisi ibu hamil.

3. Menggunakan Kalender Masa Haid

Cara menghitung kehamilan berikutnya adalah kalender masa haid. Penghitungan secara manual ini membutuhkan ketelitian atau kecermatan agar hasilnya akurat. Akan tetapi, cara ini hanya dapat dilakukan oleh wanita dengan siklus haid yang teratur karena penghitungannya memang berdasarkan masa menstruasi.

Jika metode ini diterapkan pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur yaitu lebih atau kurang dari 28 hari sekali, maka hasilnya nanti tidak akan sesuai atau tidak akurat. Karenanya, cara ini akan akurat untuk wanita yang masa haidnya teratur.

4. Memakai Sistem Fundus Uteri

Metode ini memang terdengar lebih asing. Sistem fundus uteri (puncak rahim) ini termasuk cara manual untuk menghitung usia kehamilan dalam hitungan minggu. Sistem ini menggunakan perkembangan janin sebagai indikator pengukuran.

Cara menghitungnya adalah dengan meraba puncak rahim yang menonjol pada area perut. Jika jakar tulang kemaluan ke puncak rahim sebesar 16 cm, maka artinya usia kehamilan sudah masuk 16 minggu. Setiap naik sebesar 2 jari, itu artinya usia kehamilan jadi bertambah 2 minggu.

5. Mendeteksi Gerakan Janin

Metode penghitungan usia kehamilan yang terakhir adalah mendeteksi gerakan janin. Anda dapat mengidentifikasi gerakan janin untuk mengetahui usia kehamilan, namun cara ini tentu saja kurang akurat karena hanya berdasarkan kondisi pada umumnya. Jadi, ketika Anda merasakan ada gerakan janin, maka dipastikan usia kehamilannya sekitar 18 sampai 20 minggu.

Berbagai metode pemeriksaan usia kehamilan tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menentukan cara menghitung kehamilan yang paling sesuai. Agar lebih akurat, periksakan kandungan ke dokter dengan serangkaian pemeriksaan medis. Semua itu dilakukan demi memantau tumbuh kembang janin agar optimal sejak dini.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *