kirim barang ke luar negeri
Bisnis Tips dan Trik

Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri

July 19, 2021

Teptek – Tidak banyak masyarakat yang tahu bagaimana cara untuk mengirim barang ke luar negeri. Walaupun sebenarnya sudah banyak sekali perusahaan ekspedisi yang membuka layanan pengiriman barang ke berbagai negara. Adapun beberapa tahapan untuk bisa kirim barang ke luar negeri dan akan dijelaskan di bawah ini.

Tahapan Kirim Barang ke Luar Negeri

Mengirim barang ke luar negeri sejatinya tidaklah sulit, hanya saja ada beberapa prosedur yang sedikit berbeda dibandingkan dengan pengiriman domestic. Berikut ini adalah cara untuk mengirim barang ke luar negeri:

kirim barang ke luar negeri

1. Hubungi jasa pengiriman

Cara pertama adalah dengan menghubungi jasa pengiriman. Ketika menghubungi jasa pengiriman, nantinya Anda akan ditanya negara mana yang menjadi tujuan pengiriman. Setelah itu, jasa pengiriman akan menginformasikan besaran biaya yang akan dikenakan.

2. Infromasikan data pengiriman

Setelah Anda menghubungi jasa pengiriman, nantinya Anda akan dimintai keterangan untuk nama dan alamat yang dituju serta data diri Anda. Sangatlah penting untuk memberikan nama dan alamat penerima dengan benar agar paket dapat terkirim dengan aman.

3. Pilih layanan pengiriman

Jika sudah, maka selanjutnya Anda harus memberikan informasi berapa berat, panjang, lebar dan tinggi dari barang yang akan dikirimkan serta jenis barangnya. Pihak jasa pengiriman pun akan memberikan jumlah biaya yang harus dibayarkan.

4. Informasi pengiriman

Pada tahap ini, berbeda dengan poin yang kedua. Pada informasi pengiriman, Anda nantinya akan diminta untuk mengetahui regulasi pengiriman ke negara yang dituju. Seperti apakah barang yang dikirim ada pada yang diizinkan atau tidak untuk masuk ke negera tersebut dan syarat pajak serta bea cukai yang ditetapkan. Pada detail ini, Anda harus benar-benar membaca seluruhnya agar tidak terjadi kesalah pahaman ketika barang sudah dikirimkan.

5. Melakukan pembayaran

Apabila Anda sudah menyetujui seluruh syarat dan ketentuan regulasi yang diterapkan, maka selanjutnya Anda diminta untuk melakukan pembayaran. Apabila Anda menggunakan cara online, maka Anda bisa melakukan transfer dan mengantarkan barang ke kantor jasa. Tapi jika Anda menggunakan jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pick up, maka tunggu saja barang diambil setelah Anda melakukan pembayaran.

6. Biaya tambahan

Apabila pada saat pengiriman ternyata ada selisih berat atau perhitungan lainnya, maka Anda bisa langsung melakukan pembayaran biaya tambahan yang diperlukan. Apabila Anda menggunakan layanan jemput barang kiriman, maka nantinya petugas ekspedisi akan melakukan perhitungan ulang agar bisa diketahui apakah ada biaya tambahan atau tidak. Jika sudah tepat, maka barang pun akan dikirim langsung ke negera tujuan.

Itulah cara untuk mengirim barang ke luar negeri yang biasa dilakukan secara umum. Tapi, ada juga beberapa ekspedisi yang menggunakan sistem berbeda, jadi memang sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu. Jika Anda ingin kirim barang ke Jepang, hal paling penting adalah mengetahui regulasi dari negara tersebut, karena ada beberapa barang yang tidak diizinkan masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *