ibu hamil
Family Parenting

Berbagai Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

December 13, 2019

Teptek – Perlu bunda ketahui bahwa tiga bulan pertama kehamilan merupakan fase terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Yang mana, pada periode ini tengah berlangsung pembentukan organ-organ janin. Jadi, jika ibu hamil tidak menerapkan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, maka sel-sel janin yang akan berkembang menjadi organ tubuh bisa mengalami kerusakan atau bahkan tidak terbentuk dengan sempurna. Akibatnya, bisa terjadi cacat bawaan lahir, bahkan sampai keguguran.Maka dari itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama trimester pertama. Lalu apa saja makanan tersebut?

Dalam hal ini, bunda membutuhkan protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral pada trimester pertama dan sepanjang masa kehamilan. Kandungan nutrisi ini bisa bunda dapatkan dalam beberapa jenis makanan sebagai berikut :

ibu hamil

1. Sayuran Hijau

Berbagai sayuran hijau yang sangat baik  dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama diantaranya adalah sawi, brokoli, bayam, kubis, dan kale. Karena jenis sayuran ini banyak mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin K, Kalsium, zat besi, folat, serat, kalium, dan antioksidan. Bukan hanya itu, kadar serat tinggi yang terkandung di dalamnya bisa mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain itu, dengan mengonsumsi sayuran hijau juga diklaim mampu menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

2. Kacang – Kacangan

Jenis makanan lainnya yang sangat baik untuk ibu hamil adalah kacang-kacangan. Misalnya adalah kacang panjang, kacang kedelai, kacang polong, kacang tanah, dan lentil. Karena kandungan folat yang tinggi dalam kacang-kacangan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Kandungan folat ini berfungsi untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf dan lahir dengan berat badan rendah.

3. Buah – Buahan

Sama halnya dengan sayuran hijau, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat yang bisa menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah konstipasi. Adapun jenis buah-buahan yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama adalah mangga, pepaya, jeruk, alpukat, melon, kiwi, pisang, dan strawberi. Dalam hal ini, dianjurkan untuk mengonsumsi 5 porsi buah dengan warna berbeda setiap harinya. Bukan hanya buah segar, bunda juga bisa mengonsumsi jus buah. Namun perlu diingat, cuci dulu buah-buahan tersebut hingga benar-benar bersih sebelmum memakan atau mengolahnya. Selain itu, hindari menambhakan gula atau pemanis pada buah yang akan dimakan karena bisa meningkatkan kadar gula darah dan bisa merusak gigi.

4. Susu dan Produk Olahan Susu

Jenis makanan berikutnya yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah susu dan produk olahan susu. Susu dan berbagai produk olahan susu seperti keju, dan yoghurt, sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dan protein pada susu sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dan kesehatan tulang ibu hamil. Bukan hanya itu, susu juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc, serta probiotik guna mendukung kesehatan pencernaan.Dalam hal ini, sebaiknya pilih susu atau produk olahan susu rendah lemak dan gula, serta hindari mengonsumsi susu atau produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi karena berisiko mengandung bakteri yang bisa membahayakan bagi ibu hamil dan janin.

Makanan lainnya yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah daging, telur, ikan, dan makanan sumber karbohidrat.  Mungkin itu saja artikel kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *