5 Manfaat Menggendong Bayi

Teptek – Gendongan bayi menjadi salah satu benda yang akan diperlukan oleh semua ibu di dunia ini. Sekarang jenis gendongan untuk bayi juga sudah sangat bervariasi dan semakin modern. Alat untuk menggendong bayi semakin mudah dan praktis untuk dipakai sehari-hari. Produk ini pun mudah ditemukan baik di toko perlengkapan bayi online maupun offline.

Menggendong bayi merupakan salah satu kegiatan yang pasti akan sering dilakukan oleh seorang ibu. Namun, seringkali ada yang mengatakan bahwa terlalu sering menggendong bayi itu tidak baik. Ada yang mengatakan bayi akan terbiasa digendong dan menjadi manja lalu mudah menangis saat lepas dari tangan ibunya.

Banyak orang berpendapat bahwa terlalu sering menggendong bayi bisa membatasi perkembangan motoriknya. Anak akan menjadi malas dan terlalu manja pada orang tuanya. Hal-hal seperti ini yang kemudian membuat para ibu menjadi was-was untuk terbiasa menggendong anak mereka. Padahal, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapat dari menggendong anak.

gendongan bayi

Manfaat Menggendong Anak

Seorang ibu dan anak memiliki hubungan yang begitu dekat. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang bisa menandingi eratnya hubungan antara ibu dengan anak. Seringkali kedekatan ibu dan anak terlihat ketika sang ibu sedang menggendong anaknya. Terutama ketika masih usia bayi, begitu anak berada di gendongan ibu pasti terlihat ketenangan di wajah sang bayi.

Menggendong bayi ternyata mendatangkan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat menggendong bayi yang bisa dirasakan oleh bayi maupun ibu :

1. Memberi Rasa Tenang dan Nyaman

Menggendong bayi bisa memberikan bayi rasa tenang dan nyaman. Berada di dalam gendongan sang ibu akan membuat bayi merasa bahagia. Apalagi jika gendongan bayi yang digunakan memiliki desain terbaik dengan bahan yang paling nyaman. Tak heran jika bayi bisa langsung berhenti menangis ketika digendong oleh sang ibu.

2. Bayi Cepat Tidur

Bayi bisa cepat tidur jika berada di gendongan sang ibu. Bayi harus memiliki banyak waktu untuk beristirahat dengan cara tidur. Seringkali bayi rewel dan sulit tidur. Jika hal ini terjadi, lebih baik sang ibu segera menggendong bayinya agar bayi bisa lebih cepat tertidur dan beristirahat.

3. Memudahkan Aktivitas Ibu

Menggendong bayi bisa membantu memudahkan aktivitas ibu. Ibu bisa bebas beraktivitas sehari-hari karena bayi berada di dalam gendongannya. Jadi, pekerjaan rumah dan semua kewajiban ibu bisa selesai namun bayi juga tetap aman berada di dalam gendongan sang ibu.

4. Menjalin Hubungan Ibu dan Anak

Menggendong bayi bisa mempererat hubungan ibu dan anak. Kontak batin antara ibu dan anak akan menjadi lebih sering terjadi. Anak akan merasa bahagia berada di dalam pelukan ibunya. Begitu juga dengan ibu yang akan merasa bahagia karena bisa mendekap anaknya. Jadi, jika ibu ingin dekat dengan anak usahakan untuk sering menggendong sejak masih usia bayi.

5. Mengoptimalkan Perkembangan Anak

Menggendong bayi ternyata bisa membantu mengoptimalkan perkembangan anak. Dengan membawa bayi di dalam pelukan ibu, maka bayi akan merasa lebih tenang dan bahagia. Otomatis perkembangan otaknya akan berkembang dengan baik. Karena bayi berada dalam kondisi yang bahagia maka seluruh tubuhnya akan mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan.

Itulah tadi beberapa manfaat menggendong bayi yang bisa dirasakan oleh ibu dan anak. Pastikan anda menggendong bayi anda dalam posisi paling nyaman. Jangan lupa untuk memilih gendongan bayi terbaik dan berkualitas agar anak benar-benar nyaman ketika berada di gendongan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *