Beli Asuransi Mobil
Asuransi Otomotif

4 Hal Penting yang Harus Anda Pahami Sebelum Beli Asuransi Mobil

May 14, 2019

Teptek – Asuransi mobil begitu penting adanya, untuk menghindarkan Anda, dari biaya yang selangit jika sekiranya terjadi kerusakan atau kehilangan mobil. Sebelum Anda memutuskan beli asuransi mobil, ada baiknya Anda memahami dulu bagaimana sistem kerja dari asuransi ini. Ini dilakukan agar Anda nantinya tak merasa dirugikan padahal sudah terdaftar sebagai nasabah asuransi.

Beli Asuransi Mobil

1. Terdapat Dua Jenis Asuransi Mobil dan Kendaraan Bermotor

Ada dua jenis asuransi mobil yaitu all risk dan total loss only (TLO). Masing-masing asuransi ini memiliki besaran premi yang berbeda. Asuransi all risk memiliki besaran premi yang lebih tinggi, karena jaminan atas setiap bentuk kerusakan. Sedangkan untuk asuransi TLO, preminya cenderung lebih terjangkau karena hanya akan berlaku jika kerusakan mobil sama dengan atau di atas 75%.

Premi yang tinggi pada asuransi all risk akan menjamin ganti rugi pada setiap skala kerusakan. Bahkan ketika mobil Anda hanya baret atau lecet sedikit saja, Anda bisa mengajukan klaim. Berbeda dengan asuransi all risk, klaim asuransi TLO hanya bisa dilakukan jika kerusakan mobil Anda mencapai 75%. Asuransi TLO juga mencakup jaminan jika mobil hilang karena pencurian.

2. Faktor yang Mempengaruhi Besaran Premi Asuransi

Selain jenis asuransinya, besaran premi asuransi kendaraan dipengaruhi oleh tiga faktor lainnya yaitu harga mobil, tahun pembuatan, serta wilayah operasinya. Sebagai gambaran, mobil dengan harga 200 juta diperkirakan preminya 2% untuk all risk dan 0.8% untuk TLO. Sedangkan untuk mobil seharga 150 juta, premi asuransi all risk sebesar 2.5% dan premi asuransi TLO sebesar 0.8%.

Besaran di atas merupakan perkiraan premi dan tentu akan berbeda-beda, sesuai dengan tempat beli asuransi mobil. Namun yang pasti, semakin tinggi harga mobil biasa bukan truk, maka akan semakin rendah preminya pada asuransi all risk. Sedangkan untuk asuransi TLO, besaran preminya untuk setiap rentang harga mobil cenderung sama.

Berdasarkan faktor wilayah, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah menetapkan besaran premi untuk tiga wilayah. Untuk wilayah 1 yang meliputi Sumatera dan kepulauannya, preminya sebesar 2.35%. Pada wilayah 2 yang meliputi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, preminya sebesar 2.38%. Sisa daerah lainnya termasuk ke wilayah 3 dan wajib membayar premi asuransi sebanyak 1.25%.

3. Tak Semua Kerusakan Mobil dapat Diklaim

Perlu Anda ketahui bahwa ada aturan tertentu yang harus dipenuhi agar klaim atas kerusakan mobil Anda bisa diterima. Hanya kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan yang murni tanpa faktor kesengajaan yang bisa dimintai ganti ruginya. Kerusakan mobil karena terjadinya bencana alam, demonstrasi, kerusuhan, serta tindak terorisme tak termasuk dalam tanggungan asuransi.

Jika Anda ingin semua kerusakan yang disebabkan oleh hal-hal di atas dapat ditanggung pihak asuransi, Anda bisa menambahkan perluasan jaminan. Perluasan jaminan akan menjamin ganti rugi atas kerusakan mobil yang disebabkan oleh bencana serta insiden yang tak diinginkan lainnya. Tentu saja, Anda pun harus menambah besaran premi untuk mendapatkan layanan ini.

4. Asuransi Tak Mengganti Biaya Perbaikan 100%

Perlu Anda ketahui bahwa biaya ganti rugi yang diberikan oleh pihak asuransi, tak menutupi ganti rugi Anda seluruhnya. Misalnya saja untuk asuransi TLO, biaya ganti rugi akan disesuaikan dengan harga OTR (On The Road) dari mobil Anda. Jika harga OTR mengalami penyusutan, maka besaran ganti rugi untuk Anda pun juga akan berkurang.

Sebelum membeli asuransi kendaraan, khususnya mobil, ada baiknya Anda mencermati dulu setiap istilah serta bagaimana cara kerja dari asuransi tersebut. Timbang dulu kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis asuransi, agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal. Selain itu, pastikan juga dana untuk asuransi mobil yang Anda pilih, tak akan membebani kehidupan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *